Rabu, 04 Agustus 2010

Cuma Ada Di Ramadhan



Setiap tahun kehadirannya selalu dinantikan jutaan umat Islam di Seluruh dunia. Bulan Puasa atau Ramadhan itu bulan penuh berkah dan ampunan. Selain suasananya mengingatkan kita yang membuat hal-hal yang perlu diketahui.

1. Ngabuburit

Ngabuburit berasal dari bahasa Sunda. Burit berasal dari sore hari menjelang malam atau waktu Maghrib. Ngabuburit berarti menunggu atau menghabiskan waktu hingga menjelang waktu Adzan Maghrib, yaitu saat berbuka puasa. Banyak orang ngabuburit berbagai kegiatan mereka akan lupa akan rasa lapar dan haus selama berpuasa, ada yang istirahat maupun menonton film.

2. Buka Puasa Bersama

Anda bisa mengajak bareng keluarga atau teman pergi ke restoran apa saja. sebelum buka biasanya mengobrol atau bermain hingga buka. Buka puasa bisa membuat acara reunian juga loh.

3. Shalat Tarawih

Shalat Tarawih berarti shalat sunnah yang dilakukan khusus pada bulan Ramadhan. Waktu pelaksanaannya selepas Isya dan biasanya dilakukan berjemaah di Masjid adapun juga ceramah bersama ustadz (Sebutan Pendeta dalam Islam) juga menambah ilmu dan pahala kita di bulan suci Ramadhan

4. Penjual Makanan Dadakan

Penjual makanan dadakan bersifat temporer, meskipun di negara kita sudah banyak pedagang makanan namun pada saat bulan puasa ada momen Ramadhan dengan berjualan secara dadakan. Paling khasnya adalah Ta'jil atau Snack seperti minuman dingin dan gorengan. Penjual dadakan biasanya bukan pada jam 3 sore selama Ramadhan.

5. Kultum

Kultum atau dikenal sebagai Kuliah Tujuh Menit biasanya digelar di banyak stasiun TV menjelang adzan maghrib. Selama tujuh menit, para ulama atau ustadz berdakwah tentang hikmah puasa dan ajaran Islam lainnya, yang dioterapkan dikehidupan sehari-hari.

6. Timun Suri


Nikmatnya berbuka puasa dengan minuman yang segar dan timun suri menjadi salah satu pilihannya. buah ini memiliki istilah Cucumis Sativusyang berbentuk lonjong dengan daging berwarna putih. Timun Suri tidak mengenal musim tertentu untuk berbuah. Uniknya para penjual timun suri mendadak bermunculan di bulan puasa. Enak juga timun suri bisa dijadikan jus pake es.

7. Kegiatan Sahur On The Road

Kegiatan ini sebagaimana merupakan bentuk sosial dengan cara bagaiman kita memberikan makan sahur kepada orang-orang yang membutuhkannya. Biasanya kebanyakan sahur on the road ini dilakukan secara konvoi sertsa acara bakti sosial.

8. Lagu Religi (Islam)

Sebenarnya lagu religi merupakan lagu yang paling enak didengar daripada lagu pop dan rock. Lagu religi paling khas di bulan Ramadhan. Lagu ini bikin hati sejuk saat mendengarkan. Tidak hanya penyanyi religi seperti Opick, Hadad Alwi tetapi artis-artis penyanyi lainnya seperti Ungu, Tompi, Vidi Aldiano, Gigi dan lain-lain.

(Sumber:Tabloid Keren Beken)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More